Hot cookies are waiting for you !!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Selasa, 20 November 2012

Artikel Pembelajaran Komputer Untuk Anak Usia Dini

-->
PEMBELAJARAN KOMPUTER ANAK USIA DINI SUDAH DIPERLUKAN  UNTUK SEKARANG ?
Di jaman sekarang, teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan tidak hanya dapat digunakan untuk orang-orang dewasa tetapi dapat juga digunakan untuk anak usia dini. Seiring dengan berjalannya waktu teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang, hal inilah yang memudahkan anak usia dini untuk mendapatkan pendidikan. Teknologi informasi dan komunikasi sedikit banyak membantu peran orangtua dalam memberikan pendidikan non-formal kepada anak usia dini. 
Belajar komputer bagi anak menjadi suatu kewajiban. Tentu saja ini kurang tepat, karena belajar komputer seharusnya dilakukan tanpa paksaan agar menjadi pengalaman menyenangkan bagi anak. Namun yang jelas, bisa mengoperasikan komputer telah menjadi realitas penting yang tak bisa dibantah.


Usia dini sebenarnya anak bisa mulai mengenal komputer?
Menurut Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer Literacy, banyak peneliti menyarankan usia 3 - 4 tahun sebagai usia terbaik untuk memulai pelajaran komputer pada anak. Di usia ini, anak sudah menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Karena itulah ia sudah siap mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas coba-coba secara langsung.
Keuntungan belajar komputer sejak dini bagi anak antara lain, yaitu :

- Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan, anak yang menggunakan komputer memiliki performa akademis lebih baik.

- Menstimulasi kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, walau sederhana akan terasa menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.

- Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.

Selain manfaat positif, tentu saja ada risiko dampak negatif komputer pada anak. Bisa jadi ia lebih senang duduk di depan komputer seharian daripada melakukan hal-hal lain. Di sinilah peran Anda untuk menyeimbangkannya dengan kegiatan lain. Jadi, anak tetap terasah kemampuannya di bidang lain, seperti keterampilan berkomunikasi dan bersosialisasi.
Program – program yang terdapat laptop atau komputer harus menarik untuk anak karna anak program – program pengetahuan dasar seperti membaca. Program pengetahuan membaca ini dibuat semenarik mungkin dari pada media tulis. Selain program membaca ada juga program mengenal gambar dan mengenal suara.
Kesimpulan dari artikel diatas :
Teknologi informasi dan komunikasi juga bermanfaat untuk pendidikan anak usia dini. Teknologi yang digunakan disini salah satunya adalah komputer atau laptop. Anak usia dini yang menggunakan komputer atau laptop untuk pendidikan akan mudah memahami pengetahuan dasar seperti membaca dan hal lainnya. Selain itu, pendidikan dengan komputer juga menstimulasi perkembangan motorik halus anak dan persiapan untuk perguruan tinggi bahkan dunia kerja. Anak usia dini juga bisa mendapatkan pendidikan rohani serta pembentukkan interaksi sosial pada anak. Oleh sebab itu kita sebagai orang tua atau pendidik harus sudah mengenalkan teknologi informasi dan komunikasi pada anak-anak sejak dini, agar mereka memiliki kesiapan dalam menghadapi masa depan mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar