Hot cookies are waiting for you !!

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

Minggu, 16 Desember 2012

PERKEMBANGAN SOSIAL AUD



PERKEMBANGAN SOSIAL AUD
Bentuk permainan yang mendorong perkembangan sosial AUD
   
 Permainan Edukatif adalah  alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, disesuaikan dengan usianya dan tingkat perkembangannya. Adapun manfaat erkembangan Edukatif adalah sebagai berikut :
a.      Pengembangan aspek fisik, yaitu kegiatan – kegiatan yang dapat menunjang atau merangsang pertumbuhan fisik anak.
b.   Pengembangan bahasa, dengan melatih berbicara, menggunakan kalimat yang benar.
c.    Pengembangan aspek kognitif, yaitu dengan pengenalan suara, ukuran, bentuk, warna, dan lain – lain.
d.   Pengembangan aspek sosial, khususnya dalam hubungannya dengan interaksi antara ibu dan anak, keluarga dan masyarakat.


Bentuk permainan yang mendorong perkembangan sosial anak dengan membuat kelompok bermain dengan teman sebayanya. Disini perkembangan sosial anak terbentuk karena bermain bersama contohnya bentuk permainan rumah – rumahan, pistol – pistolan dan yang lainnya. Dengan permainan ini membantu anak dalam perkembangan sosialisasinya.

 Alat – alat permainan yang mendorong perkembangan sosial AUD
Ada berbagai alat permainan yang mendorong / menstimulasi perkembangan sosial Anak Usia Dini. Dibawah ini ada berbagai permainan yang mendorong perkembangan sosial anak.
a.                Bermain Peran : Permainan ini dilakukan beberapakelompok atau teman sebaya. Permainan ini mendorong / menstimulasi perkembangan sosial anak karna melakukan interaksi dengan teman sebaya atau kelompok bermain yang disekolah.
b.                Bermain Bersama : Permainan ini dilakukan dengan teman sebaya. Permainan yang dilakukan bersama seperti bermain rumah – rumahan, pistol – pistolan membantu dalam pengembangan sosial anak.
c.                Bermainan dengan menggunakan aspek motorik halus anak seperti mengasah kemampuan bersosialisasi dan kmandirian anak dengan bermain :
§  Mengayun
§   Menina bobokan
§  Permainan Ciluk ba
§  Permainan bersosialisasi
§  Menirukan pekerjaan rumah tangga
§  Melepas pakaian
§  Makan sendiri
§  Merawat boneka
§  Pergi ke tempat-tempat umum (rekreasi)
§  Memeluk dan mencium
§  Membereskan mainan Bermain dengan teman sebaya
§  Mengancingkan baju

Usaha guru dalam memanfaatkan permainan untuk perkembangan sosial AUD.
          Usaha guru dalam merancang permainan yang mendorong / menstimulasi perkembangan anak dengan merancang permainan yang eduaktif dan kratif. Dalam memanfaatkan permainan untuk perkembangan sosial Anak Usia Dini dengan membuat kelompok bermain disekolah. Guru membantu dengan cara menjelaskan kepada anak cara menggunakan alat permainan yang telah disediakan. Membuat kelompok – kelompok kecil membantu / menstimulasi perkembangan sosial anak, karna anak mampi berinteraksi dengan anak yang lainnya. Dengan adanya permainan yang eduaktif dan kreatif mampu mengembangkan aspek perkembangan sosial anak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar